SEJARAH LONCENG KEMATIAN | KESAN-KESAN MAGANG

Baik guys kali ini gw akan membahas tentang Sejarah Salah satu Koleksi yang benar-benar dijaga banget sama petugas-petugas disitu bahkan itu belum bisa di buka untuk umum.


Ini adalah Lonceng dan pada zaman Belanda lonceng ini disebut sebagai Lonceng kematian.

Pertama gw akan menjelaskan tentang sejarah asal-usul dimana lonceng ini di letakkan dan kenapa disebut sebagai Lonceng kematian.

Lonceng ini diletakkan di atas gedung Balaikota sekaligus gedung pengadilan VOC di Kota Batavia.Lonceng ini dahulu berfungsi sebagai alat pemberi tanda bahwa akan dilakukan nya Eksekusi untuk para tahanan yang biasanya dilakukan di halaman depan gedung Museum sejarah Jakarta ini.Para Masyarakat di kumpulkan untuk menyaksikan Hukuman eksekusi ini.Para Tahanan diberi 2 pilihan mereka mau di Pancung atau di Penggal dan rata-rata para tahanan itu memilih untuk di pancung saja.

Jadi karena Lonceng ini digunakan sebagai,alat untuk memberikan tanda bahwa akan ada hukuman Eksekusi sehingga Lonceng ini disebut Lonceng kematian.

    Lonceng ini juga ada kemiripan dengan Lonceng yang ada di Museum Taman Prasasti di Jl.Tanah Abang I No.1,RT.11/RW.8,Petojo Sel., Kecamatan Gambir.Kota Jakarta Pusat. Tetapi berbeda Fungsi.

Lonceng di Museum Taman Prasasti di fungsikan sebagai pertanda bahwa Jenazah baru tiba dari Kota Batavia setelah di bawa melalui sungai karena pada saat itu kendaraan yang digunakan oleh seluruh masyarakat di sekitar kota Batavia masih menggunakan perahu.Dan Lonceng ini di bunyikan sebanyak 3x di Museum Prasasti dan sampai sekarang Lonceng itu masih ada di disana.

jika kalian ingin melihatnya jangan lupa datang ke Museum Taman Prasasti yah guys!!!

Nah setelah gw melihat Lonceng ini gw langsung balik lagi ke Pos jaga.

Nah gw mendokumentasikan perjalanan gw saat kembali menuju ke Pos jaga kalian bisa liat sendiri bagaimana jalan menuju sampai ke puncak Lonceng ini benar-benar melelahkan.

Gw memotong Video nya ke-dalam 3 part soalnya gede banget videonya hehe padahal cma 1:30 menit doang durasinya.

PART 1

PART 2

PART 3

Baik guys Sekian Sharing-sharing gw seputar perjalanan menuju Lonceng Kematian yang ada di atas gedung Museum sejarah Jakarta 🙏

Terimakasih atas perhatiannya
Have a nice day:)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Wisata Menarik Di MOJOKERTO

Jungleland Sentul-Bogor

ROLLING 3 MUSEUM | Museum M.H.Thamrin

Menilik Sejarah di Museum Sejarah Jakarta

Catatan Baru 2020