ROLLING 3 MUSEUM | Museum M.H.Thamrin

Baik guys

Di tulisan kali ini gw mau menceritakan kisah menarik gw ketika d Rolling ke Prasjotham (Prasasti,Joang 45 & Thamrin).
Tapi yang pertama gw mau menceritakan pengalaman gw ketika di rolling ke Museum M.H.Thamrin.


Jadi gini guys,
Di hari sebelumnya kita sudah mengantisipasi hal-hal terburuk seperti terlambat dan terutama Lokasi karena kita sama sekali belum tahu dimana letak Museum M.H.Thamrin.Karena ini baru pertama kali nya kita mendapatkan pengalaman ini.Jadi di hari sebelumnya kita ngecek map dan melihat lokasinya serta menentukan kendaraan apa yang cocok untuk pergi kesana dan kami putuskan untuk naik Transjakarta ,kami naik transit di transit di Penjaringan dan kemudian turun di halte Salemba-UI.Kemudian kami berjalan ke Jalan Kenari yang jaraknya sekitar 15 menit jika di tempuh dengan berjalan kaki.

Seperti biasa ketika baru sampai kami langsung bersalaman dengan Para Satpam dan staf² yang bekerja di museum M.H.Thamrin dan disitu kami di beritahu untuk menunggu di Perpustakaan saja,Pada saat itu SMKN 9 Jakarta Di Rolling bersama sekolah SMK Pandawa total jika di gabung Jumlah nya adalah 12 Orang dgn rincian 3 orang dari 9Jkt dan 9 orang dari Pandawa.

Note: kami di rolling di Setiap Museum masing-masing 4 hari/museum.
____________________________________________

HARI KE-1

Kita masuk di Hari Minggu,hari ini kita awalnya mau BIMTEK (Bimbingan Teknis) tapi karena dari SMK Pandawa ada yang tidak masuk jadi di tunda ke Hari Selasa Jadi kita cuma gabut ajh di Ruang Perpus sekalian keliling di ruang koleksi, mumpung orang dalem wkwk.

Kami juga langsung dekat dengan satpam² nya karena mereka baik²,Salah satu Satpam juga mengantarkan kami ke Kasapel Museum M.H Thamrin namanya ibu Mitha.

Disini juga kami dibimbing oleh KK Vivaldi dan Ibu Eva ,mereka berdua yang akan menguji kami dalam Evaluasi di Hari ke-4.

Toilet di Museum M.H.Thamrin bersih banget,keren pokoknya kalian harus ke sini!


HARI KE-2

Nah di hari ini kita awalnya ada kegiatan BIMTEK,tetapi ternyata Kasapel dari UP Museum Sejarah datang ke Museum M.H.Thamrin jadi kami 
Diperintahkan untuk tidak berisik dan mengatur suara kami agar tidak mengganggu.Kk Vivaldi kemudian datang ke Ruangan kita dan meminta maaf karena hal ini,dan Kk Vivaldi bilang kemungkinan BIMTEK nya di tunda nanti siang,jadi kami menunggu sampai jam 1 tetapi ternyata Kasapel belum datang-datang dan ternyata KK Vivaldi bilang lagi dan berkata bahwa Kasapel datang bsk Pagi.Jadi KK Vivaldi bilang nanti sebelum Pulang kita pembahasan dulu sekaligus membagikan files sejarah Museum M.H.Thamrin

HARI KE-3

Pagi hari saat kami bersalaman di ruangan satpam ,mereka memberitahu bahwa Kasapel akan datang kemungkinan Jam 10 ,jadi jangan berisik,jika mau beli makan dipersilahkan tetapi harus izin dulu.Dan ketika Kasapel sudah pulang Kk Vivaldi bilang bahwa Nnti Jam 1 kita akan Bimtek dan semuanya harus langsung ke Loket.

Sebelum Bimtek Bpk Kasapel Museum M.H.Thamrin Menyambut kami terlebih dahulu dan kemudian dilanjutkan oleh Kk Vivaldi dan Mba Eva.Tetapi Mba Eva sedang sibuk jdi KK Vivaldi yang menemani kami Bimtek,setelah semua nya di jelaskan oleh KK Vivaldi kami di ajak ke Ruangan Audiovisual disini kami melihat Video tentang Sejarah Gedung M.H.Thamrin 

Ternyata dahulu nya gedung M.H.Thamrin ini difungsikan sebagai tempat menyimpan buah-buahan dan tempat pemotongan daging yang di impor dari Australia yang dibangun oleh orang berkebangsaan Belanda bernama Meneer De Haas.

Memang sangat sarat akan sejarah ,bahkan Gedung ini pernah menjadi Tempat Pendidikan dimana Ki Hajar Dewantara pernah mengajar di gedung ini dan muridnya adalah Ismail Marzuki.

Gedung ini sendiri di resmikan menjadi Museum M.H.Thamrin oleh gubernur DKI Jakarta yaitu Bpk R.Soeprapto
Karena pada saat itu M.H.Thamrin yang membeli gedung ini pada tahun 1927 dan menghibahkan nya ke Organisasi Kemasyarakatan untuk digunakan sebagai tempat perkumpulan organisasi dan pendidikan.Dan seluruh barang yang ada digedung ini merupakan Gubahan dari anak angkat M.H.Thamrin yaitu De Zubaeda,karena beliau tidak memiliki anak kandung.

Setelah selesai kami kembali ke Perpustakaan untuk menghafalkan materi² nya karena esok hari kami akan melakukan kegiatan Evaluasi.

HARI KE-4

Di hari ini kami akan melaksanakan Evaluasi pada jam 1 Siang,dan kami di Perpustakaan hanya menghafalkan sejarah sesekali kami keliling ke ruang koleksi agar lebih terasa suasana guiding nya.

Jam menunjukkan Pukul 13.00 kami sudah dipanggil oleh KK Vivaldi dan kami diperintahkan untuk berkumpul di Ruang Audiovisual.

Saat itu yang maju pertama adalah teman gw dan yang ke dua baru gw,sumpah gugup nya memang terasa tapi karena sudah di Ujikom oleh Papi Alex(Bpk Alex) di Museum Sejarah Jakarta,jadi terasa lebih tenang tidak nervous² amat apalagi sudah hafal materi.Gw menerapkan teknik Kepemanduan yang biasa gw gunakan kalo ketemu pengunjung di Museum Sejarah Jakarta.Dan syukurnya gw bisa dan Kk Vivaldi memuji Kami ber-3 yang dari SMKN 9 Jakarta karena lancar mulai dari Opening, Sejarah Gedung,Koleksi dan Closing.

Rata-rata jika orang yang melihat sejarah Gedung M.H.Thamri. Pasti akan menyerah untuk menghafal nya tapi kami punya cara tersendiri,atau trik seorang pemandu dalam menghafal sejarah museum.

Percuma saja gw memberi tahu triknya karena pasti tidak bisa kalian terapkan karena metodenya sangat berbeda.

Dan sampai sekarang kami belum tahu hasil nilai Evaluasi kami,karena Nilainya langsung dikirim ke KK Lulu.
-
-
-
-
-

Ok guys,jadi segitu dulu cerita hari ini.
Semoga kalian senang dan semoga dapat membantu🙏

Museum M.H.Thamrin sangat Keren sih menurut gw memang gk terlalu luas ruang koleksinya tapi kalo kalian pahami pasti sulit karena harus berkali-kali keliling sampai paham,ketika kalian sudah paham kalian akan tahu bagaimana Silsilah, Pekerjaan,Karir,Biodata Bpk M.H.Thamrin dan sejarah gedung dan siapa yang meresmikan nya.

Kutipan dari gw
"Jika kita lihat banyak sumber-sumber yang mencantumkan sejarah tentang ini dan itu tetapi jika kita mengumpulkan nya menjadi satu,kita akan menemukan sejarah sebenarnya."


KUNJUNGI MUSEUM M.H.THAMRIN YAHH GUYS

TENANG NNTI DI GUIDE SAMA GW🙏 Terimakasih

Komentar

Unknown mengatakan…
Behh pokoknya PKL di prasjotham paling enak bgt, tapi lebih enak di mkj karna bisa berbagi ilmu kesemua orang:)

Fano mengatakan…
Iyh hehe,jangan lupa berkunjung ke Prasjotham yah

Postingan populer dari blog ini

Tempat Wisata Menarik Di MOJOKERTO

Jungleland Sentul-Bogor

Menilik Sejarah di Museum Sejarah Jakarta

FIELD TRIP NYANG-NYANG BEACH | KELOMPOK V - TOURISM FACULTY