ROLLING 3 MUSEUM | MUSEUM PRASASTI

Baik Guys di Tulisan gw kali ini gw mau cerita tentang Rolling'an terakhir gw di Museum Prasasti.

Setelah  8 hari sebelumnya di Museum M.H.Thamrin dan Joang 45 Akhirnya gw di Rolling di Museum Prasasti.

Perlu diketahui Museum Prasasti dahulunya merupakan tempat pemakaman umum yang di khususkan untuk para masyarakat yang tinggal di sekitar kota Batavia.Tempat Pemakaman ini dahulunya disebut sebagai Kebon Jahe Kober dan tempat pemakaman ini berkembang menjadi tempat pemakaman yang prestisius di zamannya,karena banyak pejabat-pejabat penting, pelaku sejarah dan selebriti yang pernah dimakamkan di tempat ini.Tetapi tempat pemakaman ini hanya bertahan sampai tahun 1974.pada tahun 1975 pemerintah dki jakarta memerintahkan untuk mengangkat kerangka jenazah untuk pihak keluarga di beri waktu selama dua tahun untuk membawa jenazah keluarganya bagi jenazah yg tidak diurus oleh keluarga akan di makamkan kembali secara massal di tpu menteng pulo dan tanah kusir setelah semua jenazah diangkat ,pemakaman kebon jahe kober ini diresmikan menjadi museum prasasti pada tanggal 9 juli 1977 oleh  gubernur dki jakarta yaitu bpk.Ali Sadikin ,dengan luas area 1,3 ha.
____________________________________________

Jadi selama 4 Hari di Museum Prasasti bener-bener gw paham seluruh sejarahnya dan bener-bener kerja keras buat nemuin Nisan yang sesuai ada Di dalam File PDF.

Dan di disini gk ada kegiatan Ujikom,Bimtek jga kami tidak ada karena pada saat kami ingin Bimtek di Museum Prasasti sedang diadakan acara Shooting dan di hari berikutnya justru Bpk Yudi tidak masuk jadi kami hanya meringkas sejarahnya sendiri saja dan Bpk Yudi hanya memberikan ringkasan sejarah gedung.

Di hari berikutnya kami langsung Ulasan,gw kira akan ada ulasan lagi.Ternyata itu langsung penilaian,tapi gw bersyukur gw tampil 100%. Ingat Cita-cita jadi IPMI😅wkwk
       Nah ada satu hal yang unik juga disini,yaitu Kucing kalian bisa hitung Jumlah Kucing disini total mungkin 9-10 Kucing dan ketika kalian bawa plastik pasti mereka langsung datang.Jika 1 kucing udh nyamperin pasti yang lainnya nyamperin udah kaya punya ikatan batin sejak lahir😅. Padahal ada makanannya sendiri nih kucing.Tapi itu jadi Wisata menarik tersendiri sih di Prasasti kan kalo di MSJ Merpati kalo Prasasti Kucing, Cocokologi 😅


•KOLEKSI

koleksi yang ada di Museum ini sangat banyak tetapi yang baru didata baru 20 Nisan

Dan salah satunya adalah Nisan dari H.F.Roll (Hermanus Frederick Roll) beliau merupakan pendiri dari STOVIA (School Tot Opleiding Van Indische Artsen).

beliau lahir pada tanggal 27 Mei 1867 & Wafat pada tanggal 20 September 1935.beliau mempunyai arti khusus bagi sejarah perkembangan
ilmu kedokteran, pendidikan dan bagi penguatan kepribadian
Bangsa Indonesia melalui gagasannya mendirikan STOVIA.Gedung STOVIA yang sekarang telah menjadi Museum Kebangkitan Nasional.

Baik,segitu dulu ajh cerita dari gw.

Di Museum Prasasti juga terdapat Lonceng kematian yang sama persis seperti di Museum Sejarah Jakarta bedanya di Museum Prasasti ini Lonceng ini di bunyikan 2x dan pertanda bahwa Jenazah baru sampai dari Kota Batavia dan diantar menggunakan perahu melalui sungai Krukut.Next kita bahas tentang Lonceng Kematian di Museum Sejarah Jakarta.

Mohon maaf atas kesalahan kata yang tidak wajar🙏

Semoga bermanfaat,see you next in my new update guys:)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Wisata Menarik Di MOJOKERTO

Jungleland Sentul-Bogor

ROLLING 3 MUSEUM | Museum M.H.Thamrin

Menilik Sejarah di Museum Sejarah Jakarta

Catatan Baru 2020