Deg-Deg'an di Minggu Pertama

Hi Guys!
Apa Kabar?

Gw harap kalian semua baik,hehe.Kali ini gw akan ngebahas tentang kesan-kesan gw magang untuk pertama kalinya.

-

Jadi gw mulai magang tanggal 15 Januari kemarin,nah gw sama kelompok gw itu magang duluan sedangkan kelompok yang lain dari kelas gw itu start bulan Febuari.Gw sama kelompok sebelum magang bener-bener menyiapkan mental dalam 2 Minggu terakhir karena bener-bener guys deg-deg'an banget padahal belum magang,tapi udh deg'deg'an hehe.

Jadi di hari Rabu(15 Januari) gw sama kelompok gw janjian untuk berangkat bareng-bareng & membuat kesepakatan bahwa kita akan berangkat bareng-bareng terus sampai akhir masa magang.
-
Hari Rabu gw pakai baju putih dengan bawahan(celan) hitam dan memakai pantofel.Gw dan kelompok gw otw( On The Way ) ke Kota Tua itu sekitar Jam 6:30 dan sampai disana Jam 6:50 sedangkan jam masuknya Jam 8:00, kelompok gw emang rajin-rajin guys wkwkwk.
    Sampai di Kotu kita duduk-duduk sambil membaca materi(File) MSJ yang dikirimkan di grub karena nantinya kami akan melaksanakan UJIKOM(Uji Kompetensi). Setelah itu kami masuk ke dalam museum dan bertemu dengan anak PKL yang sudah terlebih dahulu magang.Kami bertiga berkenalan dan satu hal lagi kami baru tahu bahwa disitu ada semboyan 3S Senyum,Salam,Sapa.
     Setelah itu kami bertiga,menaruh tas kami,dan kemudian ada Penyambutan PKL baru dari KK Lulu dan Bu Maya.


Kami melakukan pengenalan nama sekolah masing-masing dan di berikan wejangan, tentang hal apa yang harus dilakukan, pakaian yang digunakan selama magang,tata tertib(peraturan selama di tempat magang),Cara izin istirahat, Semboyan 3S,dsb.
   Setelah Pengarahan dari Bu Maya,kami dibawa untuk berkeliling untuk mengetahui nama-nama ruangan dan sejarah masing-masing koleksi di setiap ruangan.Kami dipandu oleh PKL lama yang magang di MSJ,gw dan kelompok gw serta kelompok dari sekolah-sekolah lainnya diajak berkeliling dan dijelaskan masing-masing sejarah nya.
    Setelah pengenalan ruangan,kami langsung bertugas untuk menjaga pos.Di hari pertama ini kami Full dari Jam 8.00 - 16.00 di MSJ.Banyak sekali pengunjung yang datang,gw agak gugup di hari pertama ini.
Setelah gw ingin istirahat, tetapi gw harus menunggu, kelompok yang sebelumnya Selesai istirahat,karena ruangan nya jangan sampai kosong.Setelah mereka kembali akhirnya gw dan temen gw istirahat.Gw shock melihat harga Minuman di MSJ lumayan mahal.Tetapi menurut gw yasudahlah daripada gk minum,hehe.
  Gw disitu istirahat lumayan lama karena bener-bener capek.sekitar 30 menit kemudian gw sama temen gw balik lagi ke ruangan Tarumanagara & Ruang Prasejarah.

Tetapi Setelah itu seluruh PKL baru diperintahkan untuk ke ruangan Guide.



  Di hari ke 2 gw udh mulai biasa dalam menghadapi pengunjung,gw mulai memakai semboyan 3S.Ditambah lagi gw udh lumayan paham tentang sejarah masing-masing koleksi.Tetapi kadang ada pertanyaan pengunjung yang gk bisa gw jawab itu sih sering ngebuat gw down.hari Ke-2 juga kelompok gw dan sekolah-sekolah lainnya mengikuti kegiatan BIMTEK ( Bimbingan Teknis ) yang di pimpin oleh Bpk.Audy.



    Seperti dihari pertama kami dijelaskan seluruh sejarah masing-masing koleksi dan kami diberikan masukan untuk persiapan UJIKOM.Setelah BIMTEK Kami kembali ke ruangan masing-masing.Di hari kedua ini Kami Masuk Seft pagi dari jam 8-12.Jadi memang seperti arahan Papi Alex sebelumnya bahwa anak PKL hanya dipatok 4 Jam/hari.Setelah selesai gw dan kelompok gw pulang ke rumah masing-masing.

   Di hari Jum'at Gw dan Temen Kelompok gw masuk Seft siang dari Jam 12.00 - 16.00
Nah disini yang agk ngebuat deg-deg'an pas sendirian karena yang muslim sholat Jum'at sedangkan gw Kristiani so gw sendirian sekitar 30 menit gw masih di halaman setelah itu gw langsung menuju ruangan Tarumanagara.Rasanya sepi banget disitu gw belajar sendiri ajh tentang sejarah koleksi di ruangan Tarumanagara.Terkadang ada Turis Asing yang datang ada juga turis lokal,jadi gk terlalu kesepian(hehe).

Sekitar 1 Jam gw nunggu kelompok gw, akhirnya mereka selesai Sholat Juma't,jadi gk terlalu sepi lagi.Setelah itu gw sama kelompok gw pindah ke Ruangan Sultan Agung & Ruangan Bandaneira sampai pulang.

Di hari Sabtu gw hanya berdua saja karena satu temen gw sakit,memang udh keliatan banget dia sakitnya dari awal pertama masuk.Tapi dia so strong( Get well soon my friend). Jadi gw dan temen gw Dateng pagi sampai -sampai di MSJ itu belum ada anak PKL sama sekali🤣.So kita langsung duduk ajh sambil nungguin yang lain,ketika udh datang kami langsung menaruh tas kami diloker.Dan kemudian kami otw jaga ruangan koleksi.Kalo temen gw dia bareng sama anak Patriawisata jaga ruangan Solomon di lt.2 sedangkan gw mau keliling dulu sekalian belajar(mumpung masih sepi).
-
Gw jaga ruangan Bandaneira sendiri sampai gw ketemu Anak PKL dari sekolah Sumbangsih & Cendikia Muslim nah gw kenalan sama mereka berdua,mereka orangnya baik,ramah,gaya temenannya juga cocok sama gw.Terus dia sama temennya keliling sedangkan gw jaga ruangan dulu sekalian belajar.Sampai akhirnya temen gw Dateng dari lantai 2.dia ngejaga bareng gw setelah jaga di ruangan sultan agung dan pintu depan.
  saat gw sendiri 2 temen gw yang dari sekolah Sumbangsih & CM datang kita disitu sharing-sharing bareng sambil bercanda buat menghilangkan rasa pegal-pegal.Sampai pulang kami menjaga ruangan bareng-bareng dan bertukar Seft untuk Istirahat sejenak.Setelah itu sebelum pulang kami juga duduk dulu di taman cerita-cerita tentang apa yang terjadi di hari ini.So it's so fun to me saya punya teman baru,saya ingin ini terus terjalin untuk next'nya.

Di Hari Minggu, seperti biasa gw datang pagi.Karena gw sangat menjunjung nilai kedisiplinan,hehe.Di hari Minggu ini pengunjung yang datang ramai,so gw harus sigap dalam keadaan apapun di Hari Minggu ini juga gw ada UJIKOM(Uji Kompetensi) jadi Gw dan kelompok gw disuruh kumpul di Ruang Guide.Kelompok gw maju untuk presentasi pemanduan Museum setelah Sekolah Patriawisata.

Sumpah guys ini ngebuat gw grogi,karena UJIKOM ini langsung dipimpin oleh Bapak Alex.Gw sempet blank tapi karena 3 hari ini gw belajar untuk hafalin & baca jadi gw punya banyak kosakata yang bisa diucapkan saat maju.

Di Hari Minggu ini hanya melakukan kegiatan seperti biasa ajh,jadi tetap sama perbedaan nya mungkin karena diadakan UJIKOM jadi kita harus bener-bener memahami ruang koleksi di MSJ.

    So,sekian bahan sharing yang bisa gw bagikan kali ini,Mohon maaf jika ada kekurangan/salah-salah kata.🙏


Saya ucapkan Terimakasih:)
Terus nantikan update'an gw selanjutnya yh guys😊


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Wisata Menarik Di MOJOKERTO

Jungleland Sentul-Bogor

ROLLING 3 MUSEUM | Museum M.H.Thamrin

Menilik Sejarah di Museum Sejarah Jakarta

Catatan Baru 2020